Tips Produktif Sehari-hari Menjadikan Kemageran Lebih Rajin

Siapa sih yang tidak suka malas-malasan terutama sudah mulai mendekati akhir pekan? Sebagian besar orang pasti mengalami hal itu, apalagi ada sesuatu atau beberapa hal yang menjadikan kegiatan sehari-hari terasa lebih lelah atau membosankan. Cara yang paling sering dilakukan utnuk mengusir kebosanan yakni bermain game atau berselancar di dunia maya memakai gadget kesayangan.

Namun, bermain game atau membuka-buka gadget terlalu sering tentu bisa menjadi kebiasaan yang tidak baik. Jika dilakukan terus menerus, pastinya Anda akan dengan mudahnya menunda pekerjaan yang harus diselesaikan, apalagi tugas-tugas yang dikejar tenggat waktu. Tidak menggunakan waktu dengan baik, hanya akan membuat keseharian Anda tidak produktif.

Masih ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan meskipun hal tersebut merupakan kebiasaan kecil untuk mengubah hidup Anda lebih rajin dan bermakna. Berikut tips-tips yang perlu diterapkan.

1.Hindari cek smartphone sesaat Anda bangun

Kebiasaan yang sering dilakukan ketika bangun pagi yaitu langsung mengecek smartphone. Kebanyakan anak-anak muda akan langsung membuka gadget mereka hanya untuk melihat apakah ada yang mengomentari di akun sosmednya, meng-like status sosmednya, dan sebagainya.

Di saat mereka mengecek smartphone-nya, tentu mereka akan menjadi mager dan tidak langsung bangun dari tempat tidurnya. Mereka hanya akan menghabiskan waktunya di kasur untuk melihat akun sosial medianya saja yang akan membuang waktu mereka untuk kegiatan lebih produktif.

2.Tidur cepat dan bangun lebih awal

Kebiasaan tidur larut malam sering dilakukan oleh siapa pun, baik itu yang masih muda maupun yang sudah dewasa. Padahal, tidur cepat akan membuat pagi hari Anda lebih segar dan terasa lebih bersemangat. Berbeda kalau ada tidur larut malam karena paginya akan terasa lelah dan ingin terasa mengantuk terus.

Meskipun pada awalnya masih sulit dijalankan, tapi ketika sudah berjalan cukup lama, tentu akan menjadi kebiasaan yang menyehatkan. Anda pun memiliki siklus baru yang pastinya lebih bermanfaat dibandingkan menghabiskan waktu begadang dan bangun siang.

3.Membuat jadwal harian

Tidak banyak orang yang membuat rencana kegiatan harian karena dirasa terlalu rumit dan tidak penting. Padahal, dengan membuat jadwal setiap hari, kegiatan Anda akan menjadi lebih teratur dan lebih tertata. Misalnya Anda yang masih sekolah. Anda bisa membuat rincian berapa lama belajar di sekolah, kegiatan tambahan lainnya, hingga tidur malam.

Sangat penting membuat jadwal harian, terutama Anda yang sering lupa ingin melakukan apa pada hari itu. Di sisi lain, kegiatan harian Anda tidak akan menjadi membosankan dan lebih mudah menjalaninya.

4.Jangan belajar menggunakan sistem kebut semalam atau sks

Tips yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang masih bersekolah atau kuliah. Anda yang masih menerapkan sks atau sistem kebut semalam untuk belajar, ada baiknya untuk tidak melakukannya lagi. Hal tersebut membawa kebiasaan yang tidak baik dan berdampak pada performa Anda ketika ujian.

Lebih baik Anda cicil pelajarannya menjadi beberapa bagian. Selain itu, agar suasana belajar Anda lebih menyenangkan, tidak ada salahnya mencari tempat yang menurut Anda nyaman, seperti taman, kafe, dan sebagainya.

Intinya, lakukan kebiasaan yang menyehatkan seperti contoh di atas agar siklus hidup Anda lebih teratur. Menggunakan gaya hidup yang seperti yang sudah disebutkan tentu membuat waktu Anda akan terasa lebih produktif dan bersemangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *