May 20, 2024

Apakah Anda pernah mengalami kendala saat ban meletus tiba-tiba padahal baru menambal atau menggantinya? Selain itu, beberapa sebab ban meletus juga perlu dipahami agar pengguna tahu langkah apa yang bisa dilakukan sekaligus meminimalisir kerusakan serupa terjadi.

Dalam dunia otomotif, kondisi ini bisa dipicu beberapa hal mulai dari kesesuaian ban, kapasitas angin hingga kondisi karet yang kotor. Berikut ini detailnya:

Ban Tidak Sesuai

Banyak sekali jenis ban kendaraan yang sudah diproduksi oleh perusahaan. Seperti, ban yang sangat sesuai dipakai saat musim hujan atau jalanan dalam keadaan basah, jalan yang permukaannya kering, bebatuan, tanah, dan lain sebagainya. Biasanya ban akan mudah meletus ketika Anda menggunakan ban yang tidak sesuai dengan medan jalan atau di luar dari kapasitasnya.

Expired

Bukan hanya makanan yang kadaluwarsa, tetapi ban juga memiliki jangka waktu pemakaian yang baik. Kadaluwarsanya ban mengakibatkan ban jadi gundul, muncul benjolan, benang ban mulai terlihat dan ketika melewati jalan yang agak panas makan ban anda bisa meletus dengan sendirinya.

Kapasitas Angin Berlebihan

Karet kendaraan sudah didesain untuk menampung daya angin dengan kapasitas tertentu. Kelebihan angin yang masuk pada ban Anda bisa membuat letusan dan robek lebih besar. Oleh sebab itu, pastikan kadar angin cukup, tidak terlalu keras dan tidak terlalu minim.

Ban yang Kotor

Ban motor akan rusak akibat kelalaian dari si pemakai. Contohnya, apabila ada kotoran pada lapisan luar ban yang sering disebut sebagai ukiran ban motor, akan mengakibatkan kerusakan pada ban secara cepat dikarenakan terjadinya gesekan pada ukiran ban motor pengguna. Maka dari itu, Anda harus rutin membersihkannya agar ban motor bisa awet bertahun-tahun tanpa menguras kantong untuk menggantinya di waktu yang tidak seharusnya.

Itulah beberapa faktor yang bisa membuat ban kendaraan anda meletus dengan sendirinya dalam dunia otomotif. Jadi, mulai sekarang Anda harus lebih memperhatikan ban kendaraan agar tidak mendorongnya di tengah jalan apabila sewaktu-waktu meletus dan tambal ban sangat jauh dari lokasi. Pasti akan membuat anda kuwalahan mengganti ban serep.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *