Tips Membeli Barang Impian dengan Uang Pas-pasan

Setiap orang tentu memiliki barang yang diimpi-impikan untuk dibelinya. Mulai dari smartphone, laptop, TV, sampai mobil pun menjadi barang yang selalu diimpikan banyak orang. Namun, karena uang yang dimilikinya pas-pasan, tidak heran sebagian orang sudah putus semangat karena dirasa tidak akan sanggup untuk membelinya.

Kondisi keuangan yang tidak mendukung terkadang membuat kita semakin ragu untuk membeli barang-barang yang diinginkan. Antara ingin membelinya atau tidak, tentu menjadi pemikiran yang cukup berat, apalagi dompet akhir bulan sedang dilanda krisis.

Tapi jangan patah semangat dulu, karena terdapat beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar tetap bisa membeli barang yang diimpikan. Seperti apa cara-caranya?

1.Jangan pernah malas menabung

Poin yang sangat penting dalam mengatasi masalah keuangan adalah harus rajin-rajin menabung. Anda yang sudah bekerja, sebaiknya sisihkan gaji yang diterima setidaknya 10%-nya untuk ditabung. Sedangkan Anda yang masih sekolah, dapat menyisihkan uang saku yang diberi orang tua untuk dimasukan ke dalam tabungan.

Dengan menabung, Anda pun juga akan lebih mudah menghemat pengeluaran setiap harinya. Kalau masih sulit membiasakan menabung, ada baiknya kalau Anda membatasi pengeluaran setiap harinya dan jangan tergoda untuk membeli barang-barang murah karena akan membuat Anda mudha boros.

2.Sabar dan konsisten

Ketika akan menabung, tentu akan ada banyak godaan yang datang dari mana pun, baik itu dari keluarga, teman, bahkan sampai barang-barang obralan murah meriah yang terpajang di toko-toko. Sifat yang buru-buru ingin memiliki sesuatu juga menjadi kendala yang paling sulit dihadapi ketika kebiasaan menabung baru saja dijalankan.

Tapi ingat, menabung memang bukan hal yang mudah. Namun Anda yang menjalaninya dengan sabar dan tentunya dilakukan secara konsisten, pastinya tujuan dari menabung Anda akan cepat tercapai. Sangat penting menerapkan peribahasa sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

3.Cari barang yang benar-benar terpakai

Masalah yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang, terutama anak mudanya yaitu membeli barang hanya mengikuti kemauan sesaat saja. Terkadang kita memang mudah tergoda dengan barang yang kita baru lihat, padahal tidak memberikan begitu banyak manfaat untuk kita. Begitu baru dipakai beberapa kali, kita sudah tidak lagi menggunakannya, bahkan langsung saja diberikan ke orang lain.

Hal tersebut tentu akan membuang uang secara sia-sia. Bagi Anda yang benar-benar menginginkan barang impian, ada baiknya membeli barang yang tidak pasti dibutuhkan dihindari. Pertimbangkan baik-baik apakah Anda benar-benar menggunakannya atau hanya sekedar mengikuti keinginan belaka saja.

4.Cari pekerjaan tambahan

Agar barang yang diinginkan cepat terbeli, ada baiknya kalau Anda mencari pekerjaan tambahan. Anda yang masih mahasiswa, tentu kalau mengandalkan dari kiriman orang tua tidak akan cukup. Karena itu, mencari magang atau part time menjadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Selain itu, tidak ada salahnya menggunakan bakat yang dimiliki untuk menjadi sumber uang.

Membeli barang impian memang tidak mudah,apalagi yang harganya mahal hingga puluhan atau ratusan juta. Tapi dengan cara yang sabar dan konsisten dalam menabung, tentu keinginan tersebut akan cepat tercapai. Meskipun membutuhkan waktu yang tidak sebentar, pasti Anda akan merasa lebih puas setelah mendapatkan barang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *