Tips Supaya Kegiatan Begadangmu Lebih Aman dan Sehat

Mengutip sebuah lirik lagu bahwa begadang itu tidak ada gunanya jika memang tidak benar-benar perlu. Hal ini karena begadang memiliki banyak dampak negatif yang berakibat pada berbagai masalah kesehatan. Akan tetapi, terkadang seseorang begadang pun bukan karena mau, tetapi untuk keharusan. Misalnya karena ada pekerjaan yang harus diselesaikan, dan alasan lainnya. Supaya aktivitas begadangmu cukup sehat untuk dilakukan, cobalah terapkan beberapa hal ini.

Cara Begadang yang Cukup Aman

1. Tidur siang sebelum begadang

Memang terkadang kita tidak bisa memprediksi akan begadang atau tidak, tapi jika sudah memiliki jadwal begadang, ada baiknya kamu tidur siang terlebih dulu. Tidur selama 20 menit pun sudah cukup. Cara ini cukup efektif supaya malam harinya kamu tidak mengantuk. Dengan begitu kamu bahkan tidak perlu minum kopi atau minuman berenergi untuk membuat mata tetap terjaga.

2. Minum air putih yang banyak

Menghidrasi tubuh sangat penting bagi orang yang begadang. Terlebih, di waktu malam adalah saatnya tubuh melakukan detoksifikasi, dan kamu bisa membantu proses tersebut dengan menjaga konsumsi air putih. Yang paling penting, jangan sampai minum minuman berenergi untuk menghindari gagal ginjal di kemudian hari.

3. Bergerak sesekali atau peregangan

Supaya tubuh selalu segar dan tidak loyo, kamu bisa mencoba untuk bergerak selama beberapa menit ketika begadang. Misalnya, jalan-jalan selama 10 menit, melakukan peregangan, jalan di tempat, lari-lari kecil, dan lain-lain.

4. Nyalakan lampu dan usahakan tetap terang

Ketika suasana redup, tubuh akan bereaksi karena menganggap hari sudah malam, sehingga kamu akan cepat mengantuk. Namun, ketika keadaan terang benderang, tubuh akan menganggap belum waktunya tidur. Oleh sebab itu, untuk mengakali tubuh, sebaiknya jangan begadang dalam kondisi redup. Nyalakan lampu seterang mungkin supaya kamu tidak mudah mengantuk.

5. Hindari minum terlalu banyak kopi

Untuk membuat tubuh tetap segar, biasanya orang akan minum kopi ketika begadang. Namun, konsumsi kopi terlalu banyak juga tidak sehat, karena membuatmu pusing dan bahkan jantung berdebar. Kondisi ini bisa membuatmu malah tidak fokus dan harus istirahat.

Meskipun ada cara di atas, tapi sebaiknya menghindari begadang sebisa mungkin. Istirahat yang cukup akan membawa dampak kesehatan yang baik untuk dirimu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *