Mau Hidup Sehat? Mindset juga Penting Agar Terhindar dari Inertia

Biasanya kita akan rajin olahraga, menjaga pola makan dan makan makanan bergizi agar memiliki gaya hidup sehat. Padahal sebenarnya itu saja tidaklah cukup. Ada faktor lain yang datang dari dalam diri kita yang juga penting agar memiliki gaya hidup sehat, yakni mindset. Kenapa mindset itu penting? Yuk simak penjelasannya.

1. Terhindar dari Inertia

Menurut lifestyle nutrition expert, Alvin Hartanto yang ditulis oleh suara.com, Inertia merupakan sebuah mekanisme yang memberi perlawanan pada perubahan, walaupun positif. Sejenis respek paranoid atau takut terhadap perubahan.

Misalkan, jika biasanya kita adalah orang yang suka mengkonsumsi makanan cepat saji, maka kita akan enggan untuk makan makanan bergizi. Jika biasanya kita rebahan, kita akan enggan untuk berolahraga.

Namun, sebenarnya inertia punya peran yang penting dalam tubuh, yakni untuk menjaga homeostatis di badan. Fungsi homeostatis adalah untuk menjaga keseimbangan. Pola hidup yang ingin kita ubah akan dianggap sebagai gangguan, karena tidak sesuai dengan kebiasaan.

2. Tidak akan Mudah Terpengaruh Lingkungan Sekitar

Lingkungan sekitar yang berinteraksi dan bersentuhan langsung dalamkehidupan kita, biasanya malah menjadi faktor utama yang menghambat perubahan gaya hidup sehat yang ingin kita terapkan. Namun, itu semua tidakakan berartijika kita memiliki mindset “saya sendiri yang akan bertanggung jawab terhadap kesehatan yang saya miliki”.

Bahkan, bukan tidak mungkin kita justru dapat mengajak keluarga dan kerabat untuk mengikuti gaya hidup sehat yang saat ini sedang coba kita jalani. Berawal dari mindset positif yang kita tanamkan pada diri sendiri. Orang lain pun bisa jadi akan tertarik karena telah melihat perubahan baik yang terjadi pada diri kita.

3. Terbiasa Mengaitkan Apa yang kita Lakukan dengan Kesehatan Diri

Apabila mindset hidup sehat kita telah terbentuk, maka kebiasaan-kebiasaan positif pun akan muncul dengan sendirinya. Misalnya, kita akan lebih memilih untuk menaiki tangga alih-alih naik lift agar bisa sekalian olahraga. Jika biasanya kita suka membeli gorengan di pinggir jalan, sekarang saat ada keinginan tersebut, kita akan mulai untuk mengurungkannnya karena ingat harus hidup sehat.

Sesederhana itu mindset bisa mengubah gaya hidup kita yang kurang baik. Apalagi jika kita juga sadar diri, bahwa kita memiliki keluarga. Tentutanggung jawabnya lebih banyak.

Jika hidup kita tidak sehat, kemudian jatuh sakit, maka yang dirugikan tidak hanya kita, tetapi mereka juga akan ikut sedih dan repot. Pun sebaliknya, oleh sebab itu sudah seharusnya untuk saling menjaga dan mengingatkan satu sama lain. Jalani hidup sehat untuk masa depan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *