Toyota Rush Tipe G 2021 vs TRD Sportivo, Mana yang Lebih Bagus?

Toyota Rush Seri 2021 kembali hadir dengan spesifikasi baru yang lebih unggul dan tetap menjadi kendaraan SUV/Sport Utility Vehicle terfavorit masyarakat Indonesia. Hingga saat ini, mobil Rush tersedia dalam 2 versi, yakni tipe G dan tipe S atau yang lebih kerap disebut sebagai TRD Sportivo. Lantas, manakah dari keduanya yang lebih unggul?

Rentetan Perbedaan Rush Tipe G dan TRD Sportivo

1. Velg dan Ban

Baik tipe G maupun tipe S, keduanya sama-sama menggunakan Dual Tone Velg, kendati demikian keduanya mempunyai motif dan ukuran yang berbeda.

Pada tipe G, Toyota memasangi kendaraannya dengan ban berukuran 16 inci 215/65 Dunlop Enasave, sedangkan pada TRD Sportivo, toyota menggunakan ban berukuran 17 inci 215/60 Bridgestone Alenza.

2. Sistem Pengaturan AC

Sistem pengaturan AC pada tipe G tidak sepenuhnya mengadopsi pengaturan digital, melainkan hanya tampilannya. sedangkan TRD Sportivo sudah benar-benar memanfaatkan keberadaan teknologi digital berfitur Single Zone Auto Climate Control. Yang mana temperatur dapat dilihat sekaligus diatur lewat tampilan layar yang ada di bagian bawah Head Unit.

3. Handle Pintu

Jika dilihat dari samping, akan terlihat jelas bagaimana perbedaan Rush tipe G dengan TRD Sportivo. Terutama pada bagian handle pintu yang digunakan sebagai akses untuk keluar-masuk mobil. Pada tipe G 2021, Toyota sengaja membuat desainnya lebih polos. Sementara TRD Sportivo digawani dengan tombol kecil berwarna hitam yang berguna sebagai Passive Keyless Entry.

4. Material dan Warna Dashboard

Dibandingkan dengan seri-seri sebelumnya, interior mobil garapan Toyota di tahun ini mengusung nuansa lebih modern dengan warna kontras, yakni hitam dan putih. Komponen panel di daerah dashboard dibiarkan terpisa dengan lis silver khusus pada tipe G dan lis hitam pada TRD Sportivo.

Material yang digunakan untuk kedua produk tersebut cukup berbeda. Dimana panel dashboard pada tipe G menggunakan bahan plastik yang dicetak jahitan rapi. Sementara panel dashboard TRD Sportivo dibuat dengan bahan soft touch yang memang dijahit secara langsung dan bukan merupakan hasil cetakan.

5. Fitur dan Material Stir

Kedua tipe Rush sama-sama dibekali fitur Tilt and Control Audio yang diletakkan di samping kiri. Hanya saja, material yang digunakan untuk membalut stir berbeda. Yang mana TRD Sportivo lebih memilih untuk mengenakan bahan kulit sebagai penutupnya. Tak hanya itu, TRD Sportivo juga menambahkan fitur lain layaknya tombol telepon Bluetooth paa sebelah kiri setir mobil.

6. Power Outlet

Fitur lain yang ada pada serial mobil SUV adalah Power Outlet. Tidak hanya bisa ditemui di bagian depan, pengguna juga bisa menemui Power Outlet di sebelah kiri belakang dan kabin tengah TRD Sportivo.

7. Fitur Entertainment

Mobil Rush tipe G dan S versi terbaru mempunyai fitur hiburan yang sangat menarik, yakni Head Unit berukuran 7 inci. Pada tipe TRD Sportivo, Toyota menambahkan beberapa fitur hiburan seperti multitasking, akses internet, dan smartphone remote app.

Disamping itu, Rush tipe S dipasangi dengan 8 speaker pada bodinya, sedangkan Rush tipe G hanya memiliki 6 speaker saja.

8. Auto Headlight

Pembeda lain yang bisa dikenali dengan mudah ialah lampu depan dan belakang mobil Rush di setiap tipenya. Meski memang sudah sama-sama menggunakan lampu LED, namun hanya Rush TRD Sportivo saja yang digawani dengan fitur Auto Headlight.

Bagaimana menurut Anda? Dari beberapa perbedaan Toyota Rush tipe G dan tipe S di atas, manakah yang paling mudah untuk dikenali?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *