Tips Jitu Melepas Gadget agat Tidak Ketergantungan

Generasi milenial merupakan generasi yang sudah sangat mengenal gadget, sehingga ke mana pun mereka pergi, barang tersebut pasti tidak pernah terlupa. Mulai dari laptop sampai smartphone, tentu kehadirannya memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Smartphone misalnya, dalam genggaman tangan Anda saja, Anda sudah bisa memakainya untuk berbagai kebutuhan, seperti memesan ojek, pesan makanan, berkomunikasi, dan masih banyak lagi.

Karena sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting, tentunya sangat jarang sekali penggunanya melepas gadget kesayangan miliknya. Bahkan sejak munculnya sosial media, orang-orang, terutama anak-anak muda semakin sulit melepaskan diri dari gadgetnya. Hal tersebut tentu merupakan kebiasaan yang buruk karena sudah kencaduan, sehingga sebagian besar waktunya hanya membuka atau bermain-main dengan gadgetnya.

Bagi Anda yang masih sulit melepasnya, berikut beberapa tips-tips jitunya.

1.Dimatikan saat tidur

Mematikan gadget ketika Anda ingin tidur adalah cara jitu pertama yang perlu Anda lakukan. Sebagian besar orang selalu tergoda untuk melihat atau mengecek smartphone-nya ketika akan tidur, apalagi selalu ada notifikasi yang masuk, baik itu dari chat maupun sosial media. Godaan tersebut tentu akan sangat mengganggu Anda, karena mau tidak mau tangan dan mata Anda akan otomatis ingin mengeceknya.

Kalau sudah terlalu keasyikan, tentu jam tidur Anda akan semakin berkurang. Secara tidak sadarnya, waktu Anda sudah terbuang banyak hanya untuk bermain HP saja. Karena itulah, matikan gadget Anda agar waktu tidur Anda tidak terganggu, sehingga esok paginya Anda bisa bangun pagi dan lebih bersemangat.

2.Jauhkan gadget dari jangkauan

Menjauhkan gadget juga merupakan cara ampuh yang membuat Anda mengurangi pemakaian gadget sehari-hari. Hal sederhana ini bisa menjadi kebiasaan yang sehat bagi Anda yang ingin berusaha puasa gadget.

Ketika Anda baru saja tiba di rumah, cukup cek sebentar saja smartphone Anda, lalu letakan di meja. Lakukan aktivitas lain yang menyibukan diri Anda, seperti menonton TV, memasak, bersih-bersih, dan sebagainya. Dengan menyibukan diri, pastinya Anda akan melepaskan dan menghiraukan gadget Anda untuk sementara.

3.Berolahraga

Daripada Anda menghabiskan waktu hanya untuk bermain gadget saja, ada baiknya kalau Anda meluangkan waktunya untuk berolahraga. Melakukan olahraga akan jauh lebih sehat dibandingkan Anda selalu terpaku dengan smartphone saja.

Badan menjadi lebih sehat, stress berkurang, dan stamina tetap terjaga. Hal tersebut tentu tidak akan Anda dapatkan kalau hanya memegang HP saja seharian. Setidaknya lakukan di luar rumah, seperti di taman atau lapangan agar Anda bisa semakin bersemangat berolahraga.

4.Melakukan hobi

Setiap orang pasti memiliki hobi atau kegemaran. Dengan melakukan hobinya, kebiasaan bermain-main gadget pasti akan semakin berkurang. Anda akan semakin disibukan dengan kegiatan-kegiatan tersebut, sehingga tidak mudah memegang gadget untuk beberapa waktu. Kalau belum tahu apa kegemaran Anda, ada baiknya jika Anda melakukannya dari hal yang sederhana, seperti bermain sepeda, membaca buku, memasak, dan sebagainya.

Membiasakan diri untuk melepaskan gadget sehari-hari tentu akan membawa dampak yang positif untuk Anda. Anda akan menjadi lebih produktif, bersemangat, dan pastinya keakraban dengan keluarga maupun teman tetap terjaga. Anda yang menghabiskan waktunya di depan gadget saja, nantinya akan semakin malas dan tidak ingin bersosialisasi dengan orang-orang terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *