Tips Gaya Hidup Frugal yang Mengubah Kebiasaan Boros Anda

Semakin berkembangnya gaya hidup dalam suatu negara, tentu akan semakin juga jenis-jenis gaya hidup yang diterapkannya, salah satunya adalah frugal. Gaya hidup frugal merupakan lifestyle yang didasarkan dari kesadaran diri sendiri untuk menahan sesuatu dalam mengelola finansial yang dimilikinya dengan baik dan tepat.

Orang yang menerapkan kebiasaan frugal tersebut tidak akan berlebihan maupun tidak akan menyia-nyiakan tabungannya atau barang-barangnya. Selain itu, mereka akan lebih mudah menahan diri untuk tidak sembarangan memakai aset atau keuangannya yang bukan menjadi prioritas mereka.

Namun, bagi sebagian orang, gaya hidup tersebut masih sulit dijalankan. Anda yang masih bingung bagaimana cara melakukannya, berikut beberapa tipsnya.

1.Atus sistem tabungan menjadi sistem autodebet

Sekarang ini pihak bank memberikan fitur tambahan pada sistemnya, yakni sistem autodebet. Fitur tersebut memungkinkan nasabahnya untuk langsung menyetor tabungannya secara otomatis ke rekening atau sejenisnya dalam jumlah yang sudah mereka sesuaikan sendiri.

Adanya fitur autodebet membuat Anda tidak perlu lagi malas untuk menyetor uangnya yang ingin ditabung atau membayar tagihan bulanan. Jadikan kebiasaan frugal Anda agar finansial Anda lebih terkontrol dan tidak terpakai sembarangan.

2.Memasak masakan sendiri

Seperti yang kita ketahui, makanan yang dibeli di restoran tentu harganya tidak semuanya murah, bahkan ada yang mencapai ratusan ribu hanya untuk 1 porsinya saja. Anda yang sering makan di restoran tentu akan cepat boros, kecuali kalau keuangan Anda memang berlebihan, sehingga tidak menjadi masalah.

Tapi, meskipun keuangan Anda masih dalam kondisi baik, setidaknya Anda juga harus menerapkan kebiasaan frugal seperti memasak masakan sendiri. Memasak sendiri di rumah tentu akan jauh lebih murah dibandingkan membelinya di luar. Bahan-bahan masakan yang digunakan pun bisa digunakan hingga 2 sampai 3 kali, sehingga bisa Anda manfaatkan untuk masakan lainnya.

3.Belanja di pasar

Pasar merupakan tempat jual beli tradisional yang masih ada sampai sekarang. Tempatnya memang tidak sebagus dan sebersih di supermarket pada umumnya. Hanya saja, Anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan membelinya di supermarket.

Jangan anggap pasar selalu dalam keadaan kotor atau sampah berserakan di mana-mana, karena sekarang sudah disediakan pasar tradisional yang bersih dan disediakan tempat khusus, sehingga pembeli pun akan semakin nyaman berbelanja.

4.Bandingkan harga

Membandingkan harga juga menjadi kebiasaan frugal yang tidak sedikit orang melakukannya. Anda harus tahu mana yang harganya murah maupun yang mahal agar bisa disesuaikan dengan kondisi budget Anda. Tapi jangan lupa untuk membandingkan kualitas dan kesegarannya. Pilih yang menurut Anda terbaik dengan harga yang pantas.

5.Lakukan urban farming

Urban farming merupakan kebiasaan bercocok tanam sendiri di rumah. Tanaman yang dapat ditanam sendiri seperti sayur-sayuran maupun buah yang tidak membutuhkan banyak tempat untuk menanamnya. Misalnya saja cabai atau tomat, Anda tidak perlu lagi membelinya karena Anda bisa langsung memetiknya sendiri.

Cara-cara kebiasaan frugal di atas sebenarnya patut dilakukan. Hal tersebut tentu dapat lebih mengontrol keuangan Anda dan tidak mudah membeli barang-barang yang tidak terlalu penting. Jadikan gaya hidup yang seimbang agar Anda tidak sepenuhnya boros.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *