December 4, 2023

Cara belajar akuntansi untuk pemula memang harus menggunakan metode khusus. Jika tidak, tentu hal tersebut akan sangat membosankan dan menjadi terlihat rumit.

Adanya berbagai rumus dan berkutat dengan banyak angka menjadi salah satu alasan kenapa pemula sering kesulitan dalam belajar akuntansi. Akan tetapi, dengan metode dan cara yang tepat, Anda tidak akan mengalami hal tersebut.

Sebagai langkah untuk membantu, Anda bisa menyimak seluruh pembahasan pada kali ini. Pastikan untuk memahaminya secara perlahan baru kemudian mulai mempraktikkan.

Tips Belajar Akuntansi untuk Pemula

Sebenarnya tidak ada hal-hal khusus yang perlu Anda miliki. Cukup lakukan beberapa tips ini, maka belajar akuntansi akan menjadi jauh lebih mudah.

1. Mengalokasikan waktu belajar

Anda tidak akan memahami dengan cepat jika terlalu asal-asalan dalam belajar. Dalam artian, mungkin di satu haru Anda sangat bersemangat, namun di hari lain malas bahkan tidak belajar sama sekali.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengalokasikan waktu belajar. Tidak masalah jika Anda hanya belajar 30 menit sehari asalkan dilakukan secara konsisten.

Konsistensi waktu belajar adalah kunci dalam belajar apapun. Oleh karena itu, lakukan ini sungguh-sungguh agar mendapatkan hasil maksimal.

Selain alokasi waktu belajar yang konsisten, Anda juga perlu membuat rencana pembelajaran. Rencana ini bisa berupa daftar materi apa saja yang akan dipelajari di hari itu.

Sebagai contoh, hari pertama Anda akan mempelajari istilah-istilah dasar terlebih dahulu. Kemudian, di hari berikutnya baru mempelajari hal lain seperti rumus perhitungan atau sebagainya.

Metode ini merupakan cara belajar akuntansi untuk pemula yang paling baik dan efektif karena waktu yang singkat bisa dimaksimalkan. Jadi, Anda bisa mulai menerapkannya mulai sekarang.

2. Berlatih membaca dan menganalisis sebuah laporan keuangan

Hal yang paling mendasar dalam akuntansi adalah bagaimana Anda bisa membaca, mencatat, mengolah, dan menyajikan data terkait keuangan. Namun, sebelum memahami itu semua, dua hal yang penting untuk dipelajari adalah membaca dan menganalisis.

Anda bisa mencari beberapa contoh laporan keuangan sebuah perusahaan atau organisasi. Kemudian, cobalah untuk membaca dan menganalisis laporan keuangan tersebut seperti pendapatan, pengeluaran, keuntungan, aset, atau hal lainnya.

Ketika sudah paham, maka Anda bisa berlanjut ke hal-hal yang lebih kompleks hingga akhirnya nanti praktik membuat laporan keuangan. Ini merupakan langkah belajar akuntansi untuk pemula yang cukup penting dilakukan.

3. Mengikuti kursus

Apabila kesulitan untuk belajar secara mandiri, jangan ragu untuk mengikuti kursus karena saat ini cukup banyak yang menyediakannya. Anda bisa mengambil kursus offline maupun online asalkan lembaga tersebut benar-benar berkompeten di bidangnya.

Dengan mengikuti kursus, Anda akan jauh lebih cepat dalam belajar karena mentor atau pengajar sudah memiliki kurikulum atau urutan materi yang perlu dipelajari dari awal. Anda juga bisa langsung bertanya apabila mengalami kesulitan dalam memahami materi tertentu.

4. Bergabung ke komunitas

Di berbagai platform media sosial, Anda bisa menemukan cukup banyak komunitas online seputar akuntansi. Cobalah untuk bergabung ke komunitas tersebut untuk mendapatkan insight atau ilmu dari peserta lainnya.

Tempat ini juga sangat cocok untuk Anda yang masih bingung dengan materi tertentu atau menanyakan hal lain seputar karier. Bahkan, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan pekerjaan pertama sebagai akuntan dari komunitas tersebut.

Jadi, itulah tadi beberapa tips belajar akuntansi untuk pemula. Untuk mendapatkan tips-tips menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi GuruAkuntansi.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *