Self Service, Kebiasaan dari Diri Sendiri yang Sangat Bermanfaat

Ketika Anda menonton di bioskop, pasti Anda sering melihat bungkus makanan maupun minuman, bahkan sisa-sisa makanan yang berserakan di bangku penonton dan di lantai. Tentu saja sampah-sampah tersebut menjadi pemandangan yang jorok dan tidak menyenangkan untuk penonton berikutnya. Karena itulah, petugas kebersihan akan segera membersihkannya setelah film berakhir.

Tapi, kalau bergantung pada orang hanya untuk membersihkan sampah sendiri, sebenarnya tidak pantas kita lakukan. Maka dari itulah, self service atau pelayanan untuk diri sendiri sangat penting diterapkan. Sebagian tempat makan sudah berusaha menerapkanya, namun masih saja ada orang-orang yang membiarkan sampahnya di atas meja, bahkan ada yang sampai berserakan di lantainya.

Meskipun masih minim sekali menjadi kebiasaan di Indonesia, tentu Anda harus tahu berbagai manfaat melakukan self service.

1.Meminimalisir ketergantungan pada petugas toko maupun perusahaan

Ketika Anda membutuhkan sesuatu, pastinya Anda akan cepat mendapatkannya kalau Anda melakukannya sendiri. Tentu saja hal tersebut tidak perlu bergantung pada pihak petugas perusahaan maupun toko yang Anda datangi. Anda tidak perlu lagi mengantri atau menunggu jam kerja karyawannya yang bekerja untuk mendapatkan apa yang Anda ingingkan.

Misalnya saja saat Anda ingin membutuhkan sendok atau sedotan di tempat makan, Anda tidak perlu lagi menunggu staffnya untuk melayani Anda. Ambil saja sendiri di tempat yang sudah mereka sediakan. Tidak sedikit tempat makan menyediakan wadah peralatan makan agar pelanggannya bisa mengambilnya sendiri.

2.Menghemat waktu

Contoh yang bisa kita ambil yaitu sebagai nasabah bank. Dulu, ketika nasabah ingin melakukan transaksi keuangan, seperti mengambil uang, setor uang, dan sebagainya, kita harus mengantri di teler dan perlu menunggu giliran terlebih dahulu. Tentu saja akan memakan banyak waktu, belum lagi Anda berada di urutan belakang, sehingga perlu menunggu waktu yang lebih lama.

Tapi, dengan adanya aplikasi m-banking yang sudah disediakan oleh pihak perbankannya, Anda akan semakin mudah melayani diri Anda sendiri yang bisa dilakukan secara online. Tidak perlu lagi mengantri lama untuk melakukan transaksi perbankan. Cukup dari smartphone Anda saja, akan semakin lebih hemat waktunya.

3.Pelanggan yang lebih darurat dilayani terlebih dahulu

Tidak semua pelanggan bisa menunggu dengan santai tanpa ada kondisi yang darurat. Tapi, bagi mereka yang memiliki kondisi yang darurat, tentu harus lebih diprioritaskan terlebih dahulu. Dengan adanya self service, mereka yang tidak terlalu membutuhkan bantuan bisa melakukannya sendiri karena memang tidak dalam keadaan darurat atau memang harus membutuhkan bantuan staff.

Mereka yang dalam keadaan darurat akan semakin cepat ditangani oleh pihak staffnya, sehingga masalah mereka akan cepat terselesaikan.

Jadikan budaya self service menjadi kebiasaan Anda sehari-hari. Jika Anda memang sudah selesai dengan makanan maupun minuman di bioskop, ada baiknya tidak meninggalkannya di bangku begitu saja. Bawalah keluar dan buang ke tempat sampah sendiri. Tentu akan sangat membantu beban petugas kebersihan dan lebih menghemat waktunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *