Dampak Tingginya Angka Dollar yang Ada di Indonesia

Kurs Dollar terhadap Rupiah memang berubah-ubah, bisa melemah maupun bisa menguat. Pada bulan Maret kemarin, tercatat nilai mata uang asing tersebut sangat menguat terhadap Indonesia. Namun nilai kurs nya tidak sampai ke titik ekstrim sehingga dampaknya tidak terlalu signifikan. Jika kurs Dollar terus melambung tinggi hingga sangat ekstrim, sudah pasti Indonesia akan mengalami krisis moneter.

1. Suku bunga naik

Suku bunga naik merupakan salah satu dampak negative dan mungkin horror apabila Dollar terus menguat nilainya. Bank Indonesia sendiri merupakan bank yang mengawasi seluruh bank di Indonesia. Apabila Dollar menguat, mau tidak mau supaya tidak terlalu rugi maka BI akan menaikan suku bunga. Hal ini dilakukan untuk menstabilkan nilai Rupiah. Dengan demikian, orang-orang akan malas mengambil kredit karena suku bunga yang tinggi tersebut.

2. Keuntungan bagi eksportir

Dampak positif dari naiknya mata uang Dollar adalah keuntungan bagi eksportir. Jika Dollar naik, sudah pasti permintaan barang-barang dari Indonesia yang akan dijual ke luar negeri jauh lebih murah. Oleh karena itu, para importir barang dari tanah air akan meningkatkan produksi mereka. Sebagai contoh adalah para pengusaha mebel atau kerajinan kulit.

3. Membuat masyarakat cenderung lebih hemat

Salah satu dampak yang bisa dirasakan akibat menguatnya Dollar adalah membuat masyarakat cenderung lebih hemat. Mengapa? Karena semua harga barang tentu akan melambung tinggi sehingga daya beli masyarakat menjadi berkurang.

Itu tadi ada beberapa dampak positif maupun negative dari menguatnya mata uang Dollar terhadap Indonesia. Hal ini tentu harus disikapi dengan bijak, semua sudah ada porsinya masing-masing. Tetapi anda harus tahu, tidak selamanya Dollar itu akan terus meroket membuat lemah Rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *