Cara Menjaga Kesehatan Tubuh di Kala Musim Penghujan

Musim hujan di Indonesia biasanya berlangsung cukup lama, karena memang hanya memiliki dua musim pergantian. Saat musim penghujan udara akan menjadi lembap, dingin, dan rentan penyakit datang. Tidak heran jika flu atau demam sering dialami ketika musim ini datang. Supaya tidak mudah terserang penyakit, gaya hidup sehat atau kebiasan-kebiasaan sehat perlu diterapkan. Kamu juga bisa melakukan pencegahan dengan melakukan beberapa hal. Berikut ini contohnya.

Mencegah Sakit ketika Hujan

1. Konsumsi makanan sehat

Untuk menjaga tubuh selalu fit setiap waktu, sistem imun harus dijaga bahkan ditingkatkan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat dan menghindari makanan kurang sehat. Contohnya seperti memakan buah-buahan, sayuran, ikan, yogurt, susu, dan lain sebagainya. Terutama makanan dengan kandungan vitamin C melimpah seperti pepaya, nanas, maupun jeruk. Makan juga yang mengandung banyak antioksidan supaya sistem imun semakin kuat sehingga virus tidak mudah menjangkiti.

2. Minum teh herbal dan perbanyak konsumsi air putih

Musim hujan biasanya suhu lingkungan jadi lebih dingin, kamu bisa menghangatkan tubuh dengan mengonsumsi teh hangat. Kamu bisa memadukan antara teh hitam dengan jahe atau serai, teh bunga camomile, dan jenih teh lainnya. Selain itu, konsumsi juga air putih banyak-banyak supaya membantu proses metabolisme tubuh sekaligus detoksifikasi dari racun-racun seperti polusi. Tubuh yang terhidrasi dengan baik juga akan membuat kulit lembap.

3. Jaga kebersihan diri dan tempat tinggal

Selain makanan dan minuman, ada baiknya kamu juga memperhatikan kondisi kebersihan lingkungan maupun dirimu sendiri. Mandi dua kali sehari akan membantumu menghilangkan kuman-kuman di tubuh. Mencuci tangan dengan sabun sebelum makan juga efektif menghilangkan virus dan bakteri. Ketika udara terlalu dingin, kamu bisa mandi dengan air hangat. Selain itu, bersihkan kamar dan ruangan dari jamur yang mungkin menempel. Pastikan juga tidak ada genangan air di sekitar rumah yang akan menjadi tempat berkembangnya jentik nyamuk.

Saat pergi bekerja atau beraktivitas di luar rumah, bawa juga payung atau mantel hujan supaya tidak kehujanan. Hal tersebut cukup efektif untuk menghindarkan dari demam maupun flu meskipun tidak seratus persen berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *